LAPORAN
HASIL BELAJAR SISWA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP)
(SMP)
![]() |
Nama Siswa
|
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA
![]() |
LAPORAN
HASIL BELAJAR SISWA
HASIL BELAJAR SISWA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP)
(SMP)
Nama Sekolah : __________________________________
NIS/NSS/NDS : __________________________________
Alamat Sekolah : __________________________________
__________________________________
Kode Pos ___________Telp.___________
Kelurahan : __________________________________
Kecamatan : __________________________________
Kota/Kabupaten : __________________________________
Provinsi : __________________________________
PETUNJUK PENGGUNAAN
1. Buku Laporan Hasil Belajar ini dipergunakan selama siswa mengikuti pelajaran di Sekolah Menengah Pertama.
2. Apabila siswa pindah sekolah, buku Laporan Hasil Belajar dibawa oleh siswa yang bersangkutan untuk dipergunakan sebagai bukti pencapaian kompetensi.
3. Apabila buku Laporan Hasil Belajar Siswa yang bersangkutan hilang, dapat diganti dengan buku Laporan Hasil Belajar Pengganti dan diisi dengan nilai-nilai yang dikutip dari buku Induk Sekolah asal siswa dan disahkan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
4. Buku Laporan Hasil Belajar Siswa ini harus dilengkapi dengan pas foto ukuran 3 x 4 cm, dan pengisiannya dilakukan oleh Wali Kelas.
KETERANGAN NILAI KUANTITATIF
Nilai kuantitatif dengan skala 0 – 100 digunakan untuk nilai mata pelajaran.
Contoh Nilai 74, ditulis dengan huruf tujuh puluh empat
KETERANGAN NILAI KUALITATIF
Nilai Kualitatif digunakan untuk penilaian pengembangan diri dan perilaku.
A = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
E = Sangat kurang
KETERANGAN TABEL NILAI |
*) KKM ditetapkan oleh satuan pendidikan |
**) Pilihan mata pelajaran sesuai dengan kondisi satuan pendidikan |
***) Penilaian muatan lokal mengikuti penilaian kelompok mata pelajaran yang Relevan |
KETERANGAN TENTANG DIRI SISWA
1. Nama Siswa (Lengkap) : .............................................................
2. Nomor Induk : .............................................................
3. Tempat Tanggal Lahir : .............................................................
4. Jenis Kelamin : .............................................................
5. Agama : .............................................................
6. Status dalam Keluarga : .............................................................
7. Anak ke : .............................................................
8. Alamat Siswa : .............................................................
: .............................................................
Telepon : .............................................................
9. Sekolah Asal : .............................................................
10. Diterima di sekolah ini
Di kelas : .............................................................
Pada tanggal : .............................................................
11. Nama Orang Tua : .............................................................
a. Ayah : .............................................................
b. Ibu : .............................................................
12. Alamat Orang Tua : .............................................................
: .............................................................
Telpon : .............................................................
13. Pekerjaan Orang Tua : .............................................................
a. Ayah : .............................................................
b. Ibu : .............................................................
14. Nama Wali : .............................................................
15. Alamat Wali : ............................................................. : ...........................................................
Telpon : .............................................................
16. Pekerjaan Wali : .............................................................
|
Kepala Sekolah
![]() |
NIP
Alamat : ________________ Semester : ___________________
Nama : ________________ Tahun Pelajaran : ___________________
Nomor Induk : ________________

Mengetahui:
Orang Tua/Wali Wali Kelas
Nama Sekolah : ________________ Kelas : ___________________
Alamat : ________________ Semester : ___________________
Nama : ________________ Tahun Pelajaran : ___________________
Nomor Induk : ________________


Mengetahui:
Orang Tua/Wali Wali Kelas
Nama Sekolah : ________________ Kelas : ___________________
Alamat : ________________ Semester : ___________________
Nama : ________________ Tahun Pelajaran : ___________________
Nomor Induk : ________________

Mengetahui:
Orang Tua/Wali Wali Kelas
Nama Sekolah : ________________ Kelas : ___________________
Alamat : ________________ Semester : ___________________
Nama : ________________ Tahun Pelajaran : ___________________
Nomor Induk : ________________


Mengetahui:
Orang Tua/Wali Wali Kelas
Nama Sekolah : ________________ Kelas : ___________________
Alamat : ________________ Semester : ___________________
Nama : ________________ Tahun Pelajaran : ___________________
Nomor Induk : ________________

Mengetahui:
Orang Tua/Wali Wali Kelas
Nama Sekolah : ________________ Kelas : ___________________
Alamat : ________________ Semester : ___________________
Nama : ________________ Tahun Pelajaran : ___________________
Nomor Induk : ________________


Mengetahui:
Orang Tua/Wali Wali Kelas
Nama Sekolah : ________________ Kelas : ___________________
Alamat : ________________ Semester : ___________________
Nama : ________________ Tahun Pelajaran : ___________________
Nomor Induk : ________________

Mengetahui:
Orang Tua/Wali Wali Kelas
Nama Sekolah : ________________ Kelas : ___________________
Alamat : ________________ Semester : ___________________
Nama : ________________ Tahun Pelajaran : ___________________
Nomor Induk : ________________


Mengetahui:
Orang Tua/Wali Wali Kelas
Nama Sekolah : ________________ Kelas : ___________________
Alamat : ________________ Semester : ___________________
Nama : ________________ Tahun Pelajaran : ___________________
Nomor Induk : ________________

Mengetahui:
Orang Tua/Wali Wali Kelas
Nama Sekolah : ________________ Kelas : ___________________
Alamat : ________________ Semester : ___________________
Nama : ________________ Tahun Pelajaran : ___________________
Nomor Induk : ________________


Mengetahui:
Orang Tua/Wali Wali Kelas
KETERANGAN PINDAH SEKOLAH
NAMA SISWA : __________________

KETERANGAN PINDAH SEKOLAH
NAMA SISWA : _________________

Catatan Prestasi yang telah Dicapai
Nama Siswa : ______________ Nama Sekolah : _______________
Nomor Induk : ______________

Lampiran: Daftar Standar Kompetensi (SK) Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama
a. Agama Islam
Kelas VII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah 2. Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya 3. Memahami Asmaul Husna 4. Membiasakan perilaku terpuji 5. Memahami ketentuan – ketentuan thaharah (bersuci) 6. Memahami tatacara shalat 7. Memahami tatacara shalat jamaah dan munfarid (sendiri) 8. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW | 9. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati 10. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat 11. Membiasakan perilaku terpuji 12. Membiasakan perilaku terpuji 13. Memahami tatacara shalat jama’ dan qashar 14. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW |
Kelas VIII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra 2. Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah 3. Membiasakan perilaku terpuji 4. Menghindari perilaku tercela 5. Mengenal tatacara shalat sunnat 6. Memahami macam-macam sujud 7. Memahami tatacara puasa 8. Memahami zakat 9. Memahami Sejarah Nabi | 10. Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf 11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah 12. Membiasakan perilaku terpuji 13. Menghindari Perilaku tercela 14. Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan 15. Memahami sejarah dakwah Islam |
Kelas IX
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami Ajaran Al Qur’an surat At-Tin 2. Memahami Ajaran Al – Hadits tentang menuntut ilmu 3. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir 4. Membiasakan perilaku terpuji 5. Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan 6. Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah 7. Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara | 8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah 9. Memahami Ajaran Al – Hadits tentang kebersihan 10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadhar 11. Menghindari perilaku tercela 12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah 13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara |
b. Agama Kristen
Kelas VII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara dan menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan | 2. Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara dan menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan |
Kelas VIII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan | 2. Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan |
Kelas IX
Semester 1 | Semester 2 |
1. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukkan dirinya sebagai orang yang sudah diselamatkan | 2. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukkan dirinya sebagai orang yang sudah diselamatkan` |
c. Agama Katolik
Kelas VII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami diri sebagai laki-laki atau perempuan yang memiliki rupa-rupa kemampuan dan keterbatasan agar dapat berelasi dengan sesama dan lingkungannya dengan meneladani Yesus Kristus yang mewartakan Bapa dan Kerajaan-Nya | 2. Memahami diri sebagai laki-laki atau perempuan yang memiliki rupa-rupa kemampuan dan keterbatasan agar dapat berelasi dengan sesama dan lingkungannya dengan meneladani Yesus kristus yang mewartakan bapa dan Kerajaan-Nya |
Kelas VIII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami pribadi Yesus Kristus dan konsekuensi perjuangan-Nya dalam upaya mengikuti dan mewujudkan nilai-nilai perjuangannya di dalam kehidupan menggereja | 2. Memahami pribadi Yesus Kristus dan konsekuensi perjuangan-Nya dalam upaya mengikuti dan mewujudkan nilai-nilai perjuangan-Nya di dalam kehidupan menggereja |
Kelas IX
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami dan melaksanakan nilai-nilai Kerajaan Allah dalam hidup beriman di tengah jemaat dan masyarakat sesuai dengan yang diwartakan Yesus Kristus dalam rangka membangun kehidupan masa depan yang lebih baik. | 2. Memahami dan melaksanakan nilai-nilai Kerajaan Allah dalam hidup beriman di tengah jemaat dan masyarakat sesuai yang diwartakan Yesus kristus dalam rangka membangun kehidupan masa depan yang lebih baik |
d. Agama Hindu
Kelas VII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Meyakini kemahakuasaan Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai Asta Aiswarya 2. Memahami ajaran kepemimpinan Hindu 3. Memahami Dharma Gita4. Memahami hari-hari suci keagamaan Hindu | 3. Memahami Sad Ripu sebagai aspek diri yang harus dihindari4. Memahami pengelompokkan tempat suci |
Kelas VIII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Meyakini manifestasi Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai penguasa penjuru alam2. Memahami hubungan Bhuana Agung dan Bhuana Alit3. Memahami sejarah masuknya agama Hindu ke Indonesia | 4. Memahami latar belakang timbulnya Yadnya 5. Memahami Sad Atatayi sebagai aspek diri yang harus dihindari 6. Memahami Weda sebagai kitab suci 7. Memahami keberadaan orang suci |
Kelas IX Semester 1
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami Awatara, Dewa dan Bhatara 2. Memahami Sapta Timira sebagai aspek diri yang harus dihindari 3. Mengetahui keberadaan kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia | 4. Memahami Dharma Gita dalam Bhagawad Gita dan Sarasamuscaya 5. Memahami hakikat Yadnya 6. Menjelaskan hakikat dan tujuan perayaan hari-hari suci keagamaan |
e. Agama Budha
Kelas VII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami komponen dan kriteria agama Buddha 2. Mengungkapkan sejarah Pangeran Siddharta pada masa remaja dan berumah tangga | 3. Mengkonstruksi sikap umat Buddha untuk menjadi manusia susila sesuai Pancadharma 4. Mengembangkan sifat-sifat luhur dalam kehidupan sehari-hari |
Kelas VIII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Mengembangkan sifat-sifat luhur dalam kehidupan sehari-hari 2. Mengungkapkan sejarah penyiaran agama Buddha | 3. Memahami Dharmayatra dan tempat-tempat suci agama Buddha yang lain 4. Memahami sejarah penyiaran agama Buddha di Indonesia |
Kelas IX
Semester 1 | Semester 2 |
1. Mengkonstruksi pergaulan yang baik dan sikap umat Buddha dalam berbagai lingkungan 2. Mengkonstruksi mental umat Buddha agar memiliki kepribadian yang baik, penuh semangat, dan disiplin | 3. Mengembangkan meditasi ketenangan batin (samatha bhavana) 4. Mengungkapkan peranan agama Buddha untuk meningkatkan martabat manusia |
2. Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas VII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara 2. Mendeskripsikan makna Proklamasi Kemerdekaan dan konstitusi pertama | 3. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakan Hak Azasi Manusia (HAM) 4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat |
Kelas VIII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila 2. Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia 3. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional | 4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan 5. Memahami kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan di Indonesia |
Kelas IX
Semester 1 | Semester 2 |
1. Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara 2. Memahami pelaksanaan otonomi daerah | 3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara 4. Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa |
3. Bahasa Indonesia
Kelas VII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita 2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman 3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca 4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi 5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan 6. Mengeskpresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita 7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca 8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng | 9. Memahami wacana lisan melalui kegiatan wawancara 10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan bertelepon 11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai 12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat 13. Memahami pembacaan puisi 14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen 15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak 16. Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi |
Kelas VIII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan 2. Mengungkap berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan 3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk 5. Mengapresiasi pementasan drama 6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran 7. Memahami teks drama dan novel remaja 8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama | 9. Memahami isi berita dari radio/televisi 10. Mengemukakan pikiran, persaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler 11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring 12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster 13. Memahami unsur intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan 14. Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi 15. Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi 16. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan dalam puisi bebas |
Kelas IX
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan 3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan 5. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair 6. Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk yang lain 7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen) 8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam cerita pendek | 9. Memahami isi pidato/khotbah/ceramah 10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam pidato dan diskusi 11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca cepat 12. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca 13. Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis novel 14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan drama 15. Memahami novel dari berbagai angkatan 16. Menulis naskah drama |
4. Bahasa Inggris
Kelas VII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 5. Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat 6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | 7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 8. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat 12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat |
Kelas VIII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. 2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. 4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. 5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar. 6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. | 7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar 8. 8. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar 9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar 10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar 11. Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar 12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar |
Kelas IX
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari 2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari 4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari 5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari 6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari 8. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari 9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari 10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari 11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari 12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari |
5. Matematika
Kelas VII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah | 4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah 5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya 6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya |
Kelas VIII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus 2. Memahami sistem persa-maan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah 3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah | 4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya 5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya |
Kelas IX
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah 2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya 3. Melakukan pengolahan dan penyajian data 4. Memahami peluang kejadian sederhana | 5. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah sederhana 6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah |
6. Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas VII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan 2. Memahami klasifikasi zat 3. Memahami wujud zat dan perubahannya 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia | 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan 6. Memahami keanekara-gaman makhluk hidup 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem |
Kelas VIII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia 2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan 3. Menjelaskan konsep partikel materi 4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan | 5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari 6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari |
Kelas IX
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia 2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup 3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari 5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya |
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas VII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia 2. Memahami kehidupan sosial manusia 3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan | 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya 5. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Budha sampai masa Kolonial Eropa 6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat |
Kelas VIII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk 2. Memahami proses kebangkitan nasional 3. Memahami masalah penyimpangan social 4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat | 5. Memahami usaha persiapan kemerdekaan 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial 7. Memahami kegiatan perekonomian Indonesia |
Kelas IX
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia 2. Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan 3. Memahami perubahan sosial budaya 4. Memahami lembaga keuangan dan perdagangan internasional | 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi 6. Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia 7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional |
8. Seni Budaya
Kelas VII
Semester 1 | Semester 2 |
Seni Rupa 1. Mengapresiasi karya seni rupa 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa Seni Musik 3. Mengapresiasi karya seni musik 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik Seni Tari 5. Mengapresiasi karya seni tari 6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari Seni Teater 7. Mengapresiasi karya seni teater 8. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater | Seni Rupa 9. Mengapresiasi karya seni rupa 10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa Seni Musik 11. Mengapresiasi karya seni musik 12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik Seni Tari 13. Mengapresiasi karya seni tari 14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari Seni Teater 15. Mengapresiasi karya seni teater 16. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater |
Kelas VIII
Semester 1 | Semester 2 |
Seni Rupa 1. Mengapresiasi karya seni rupa 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa Seni Musik 3. Mengapresiasi karya seni musik 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik Seni Tari 5. Mengapresiasi karya seni tari 6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari Seni Teater 7. Mengapresiasi karya seni teater 8. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater | Seni Rupa 9. Mengapresiasi karya seni rupa 10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa Seni Musik 11. Mengapresiasi karya seni musik 12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik Seni Tari 13. Mengapresiasi karya seni tari 14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari Seni Teater 15. Mengapresiasi karya seni teater 16. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater |
Kelas IX
Semester 1 | Semester 2 |
Seni Rupa 1. Mengapresiasi karya seni rupa 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa Seni Musik 3. Mengapresiasi karya seni musik 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik Seni Tari 5. Mengapresiasi karya seni tari 6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari Seni Teater 7. Mengapresiasi karya seni teater 8. Mengekspresikan karya seni teater | Seni Rupa 9. Mengapresiasi karya seni rupa 10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa Seni Musik 11. Mengapresiasi karya seni musik 12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik Seni Tari 13. Mengapresiasi karya seni tari 14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari Seni Teater 15. Mengapresiasi karya seni teater 16. Mengekspresikan karya seni teater |
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas VII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 2. Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 3. Mempraktikkan senam dasar dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 4. Mempraktikkan senam irama tanpa alat , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 5. Mempraktikkan sebagian teknik dasar renang gaya dada , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*) 6. Mempraktikkan perkemahan dan dasar-dasar penyelamatan di lingkungan sekolah , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***) 7. Menerapkan budaya hidup sehat | 8. Mempraktikkan teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 9. Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 10. Mempraktikkan teknik dasar senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 11. Mempraktikkan senam irama tanpa alat dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 12. Mempraktikkan teknik dasar renang gaya bebas , dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*) 13. Menerapkan budaya hidup sehat |
Kelas VIII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 2. Mempraktikkan latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkuit dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 3. Mempraktikkan teknik dasar senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 4. Mempraktikkan senam irama dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 5. Mempraktikkan teknik dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*) 6. Menerapkan budaya hidup sehat | 7. Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan mlai-nilai yang terkandung di dalamnya 8. Mempraktikkan latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkuit dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 9. Mempraktikkan teknik dasar senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 10. Mempraktikkan senam irama dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 11. Mempraktikkan teknik dasar renang gaya dada dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*) 12. Mempraktikkan penjelajahan di sekitar sekolah dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***) 13. Menerapkan budaya hidup sehat |
Kelas IX
Semester 1 | Semester 2 |
1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya 2. Mempraktikkan jenis latihan beban dengan alat sederhana untuk meningkatkan kebugaran dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 3. Mempraktikkan rangkaian gerak senam lantai dengan gerakan yang benar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 4. Mempraktikkan rangkaian gerak teknik senam irama tanpa dan dengan alat serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 5. Mempraktikkan teknik dasar renang gaya punggung dan nilai- nilai yang terkandung di dalamnya*) 6. Mempraktikkan dasar-dasar penjelajahan di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***) 7. Menerapkan budaya hidup sehat | 8. Mengembangkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 9. Mempraktikkan tes kebugaran jasmani secara sederhana 10. Mempraktikkan rangkaian gerak senam dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 11. Mempraktikkan senam irama dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 12. Mempraktikkan kecakapan teknik dasar gaya renang dan nilaii- nilai yang terkandung di dalamnya*) 13. Mempraktikkan keterampilan dasar penjelajahan, dan penyelamatan aktivitas di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***) 14. Menerapkan budaya hidup sehat |
Keterangan
*) Diajarkan sebagai kegiatan pilihan, disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah
**) Materi pilihan, disesuaikan dengan fasilitas dan peralatan yang tersedia
***) Diajarkan sebagai kegiatan yang dapat dilakukan dalam semester 1 dan atau semester 2
10. Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi
a. Keterampilan
Kelas VII
Semester 1 | Semester 2 |
Kerajinan 1. Mengapresiasi benda kerajinan 2. Membuat benda kerajinan Teknologi Rekayasa 3. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa 4. Menciptakan karya teknologi rekayasa Teknologi Budidaya 5. Mengapresiasi karya teknologi budidaya 6. Menerapkan teknologi budidaya Teknologi Pengolahan 7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan 8. Menerapkan teknologi karya pengolahan Kelas VII Semester 2 Kerajinan 9. Mengapresiasi benda kerajinan 10. Membuat benda kerajinan Teknologi Rekayasa 11. Mengapresiasi benda karya teknologi rekayasa 12. Menciptakan benda karya teknologi rekayasa Teknologi Budidaya 13. Mengapresiasi karya teknologi budidaya 14. Menerapkan teknologi budidaya Teknologi Pengolahan 15. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan 16. Menerapkan teknologi pengolahan | 17. Mengembangkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 18. Mempraktikkan tes kebugaran jasmani secara sederhana 19. Mempraktikkan rangkaian gerak senam dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 20. Mempraktikkan senam irama dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 21. Mempraktikkan kecakapan teknik dasar gaya renang dan nilaii- nilai yang terkandung di dalamnya*) 22. Mempraktikkan keterampilan dasar penjelajahan, dan penyelamatan aktivitas di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***) 23. Menerapkan budaya hidup sehat |
Kelas VIII
Semester 1 | Semester 2 |
Kerajinan 1. Mengapresiasi kerajinan jahit dan sulam 2. Membuat produk kerajinan jahit dan sulam Teknologi Rekayasa 3. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa penjernihan air 4. Menerapkan teknologi rekayasa penjernihan air Teknologi Budidaya 5. Mengapresiasi hasil teknologi budidaya 6. Menerapkan teknologi budidaya Teknologi Pengolahan 7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan 8. Menerapkan teknologi pengolahan | Kerajinan 9. Mengapresiasi kerajinan anyaman dan makrame 10. Membuat produk kerajinan anyaman dan makrame Teknologi Rekayasa 11. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa 12. Membuat alat penjernihan air Teknologi Budidaya 13. Mengapresiasi karya teknologi budidaya tanaman hias 14. Menerapkan teknologi budidaya tanaman hias Teknologi Pengolahan 15. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan pengawetan bahan makanan 16. Menerapkan teknologi pengolahan pengawetan bahan makanan |
Kelas IX
Semester 1 | Semester 2 |
Kerajinan 1. Mengapresiasi benda kerajinan dengan teknik potong sambung dan teknik potong konstruksi 2. Membuat benda kerajinan dengan teknik potong sambung dan teknik potong konstruksi Teknologi Rekayasa 3. Mengapresiasi benda teknologi rekayasa 4. Membuat benda teknologi rekayasa Tekonologi Budidaya 5. Mengapresiasi karya budidaya ikan air tawar 6. Menerapkan teknologi budidaya ikan air tawar Teknologi Pengolahan 7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan 8. Menerapkan teknologi pengolahan | Kerajinan 9. Mengapresiasi kerajinan dengan teknik sayat dan ukir 10. Membuat benda kerajinan dengan teknik sayat dan ukir Teknologi Rekayasa 11. Mengapresiasi alat yang berputar digerakkan listrik 12. Membuat alat yang berputar digerakkan listrik Teknologi Budidaya 13. Mengapresiasi karya teknologi budidaya ikan hias air tawar 14. Menerapkan teknologi budidaya ikan hias air tawar Teknologi Pengolahan 15. Mengapresiasi hasil teknologi pengolahan 16. Menerapkan teknologi pengolahan |
b. Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas VII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer | 3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer |
Kelas VIII
Semester 1 | Semester 2 |
1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi | 2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi |
Kelas IX
Semester 1 | Semester 2 |
1. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/intranet | 2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi |
11. Muatan Lokal
Mohon diisi sesuai dengan Standar Kompetensi yang sudah ditetapkan oleh sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar