Kamis, 03 Maret 2011

Rapor KTSP


LAPORAN
HASIL BELAJAR SISWA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP)



 



















Nama Siswa





Nomor Induk  _________________
 
 






DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA










 



LAPORAN
HASIL BELAJAR SISWA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP)
Nama Sekolah      : __________________________________
NIS/NSS/NDS       : __________________________________
Alamat Sekolah    : __________________________________
  __________________________________
  Kode Pos ___________Telp.___________       
Kelurahan            : __________________________________
Kecamatan           : __________________________________
Kota/Kabupaten   : __________________________________
Provinsi               : __________________________________









PETUNJUK PENGGUNAAN

1.    Buku Laporan Hasil Belajar ini dipergunakan selama siswa mengikuti pelajaran di Sekolah Menengah Pertama.
2.    Apabila siswa  pindah sekolah, buku Laporan Hasil Belajar dibawa oleh siswa yang bersangkutan untuk dipergunakan sebagai bukti pencapaian kompetensi.
3.    Apabila buku Laporan Hasil Belajar Siswa yang bersangkutan hilang, dapat diganti dengan buku Laporan Hasil Belajar Pengganti dan diisi dengan nilai-nilai yang dikutip  dari buku Induk Sekolah asal siswa dan disahkan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
4.    Buku Laporan Hasil Belajar Siswa ini harus dilengkapi dengan pas foto ukuran 3 x 4 cm, dan pengisiannya dilakukan oleh Wali Kelas.
KETERANGAN NILAI KUANTITATIF
Nilai kuantitatif dengan  skala  0 – 100  digunakan untuk   nilai mata pelajaran.
Contoh   Nilai  74, ditulis dengan huruf  tujuh puluh empat

KETERANGAN NILAI KUALITATIF
Nilai Kualitatif digunakan untuk penilaian pengembangan diri dan perilaku.
A      = Sangat Baik 
B       = Baik 
C       = Cukup
D      = Kurang
E       = Sangat kurang
KETERANGAN TABEL NILAI
*)  KKM ditetapkan oleh satuan pendidikan
**) Pilihan mata pelajaran sesuai dengan kondisi satuan pendidikan
***) Penilaian muatan lokal mengikuti penilaian kelompok mata pelajaran yang 
        Relevan









KETERANGAN TENTANG DIRI SISWA

1.   Nama Siswa (Lengkap)       :  .............................................................
2.   Nomor Induk                      :  .............................................................
3.   Tempat  Tanggal Lahir       :  .............................................................
4.   Jenis Kelamin                    :  .............................................................
5.   Agama                                 :  .............................................................
6.   Status dalam Keluarga       :  .............................................................
7.   Anak ke                              :  .............................................................
8.   Alamat Siswa                      :  .............................................................
:  .............................................................
Telepon                              :  .............................................................
9.   Sekolah Asal                      :  .............................................................
10.        Diterima di sekolah ini          
Di kelas                              :  .............................................................
Pada tanggal                       :  .............................................................
11.        Nama Orang Tua            :  .............................................................
a. Ayah                               :  .............................................................
b. Ibu                                  :  .............................................................
12.        Alamat  Orang Tua                  :  .............................................................
                                           :  .............................................................
Telpon                                :  .............................................................
13.        Pekerjaan Orang Tua               :  .............................................................
a. Ayah                               :  .............................................................
b. Ibu                                  :  .............................................................
14.        Nama Wali                     :  .............................................................
15.        Alamat Wali                            :  .............................................................                                              :  ...........................................................
Telpon                                :  .............................................................
16.        Pekerjaan Wali                        :  .............................................................


Pas Foto
3 x 4
 
Jakarta, ........................ 20...
Kepala Sekolah




 

NIP



Alamat                        :  ________________                                     Semester                      :  ___________________
Nama               :  ________________                                     Tahun Pelajaran           :  ___________________
Nomor Induk  :  ________________                                                
Mengetahui:
Orang Tua/Wali                                                                                               Wali Kelas


                                                                                                                                                           




Nama Sekolah :  ________________                                     Kelas                           :  ___________________
Alamat                        :  ________________                                     Semester                      :  ___________________
Nama               :  ________________                                     Tahun Pelajaran           :  ___________________
Nomor Induk  :  ________________
Text Box:   Keputusan
  Berdasarkan hasil yang dicapai pada    
  semester 1 dan 2, siswa ditetapkan
  naik ke kelas                 (                                  )
  tinggal di kelas             (                                  )

______________, ___________________20__
  Kepala SMP __________________
 
___________________
 NIP
Mengetahui:
Orang Tua/Wali                       Wali Kelas


                                                                                   





Nama Sekolah :  ________________                                     Kelas                           :  ___________________
Alamat                        :  ________________                                     Semester                      :  ___________________
Nama               :  ________________                                     Tahun Pelajaran           :  ___________________
Nomor Induk  :  ________________                                                
Mengetahui:
Orang Tua/Wali                                                                                               Wali Kelas


                                                                                                                                                           




Nama Sekolah :  ________________                                     Kelas                           :  ___________________
Alamat                        :  ________________                                     Semester                      :  ___________________
Nama               :  ________________                                     Tahun Pelajaran           :  ___________________
Nomor Induk  :  ________________
Text Box:   Keputusan
  Berdasarkan hasil yang dicapai pada    
  semester 1 dan 2, siswa ditetapkan
  naik ke kelas                 (                                  )
  tinggal di kelas             (                                  )

______________, ___________________20__
  Kepala SMP __________________
 
___________________
 NIP
Mengetahui:
Orang Tua/Wali                       Wali Kelas


                                                                                   





Nama Sekolah :  ________________                                     Kelas                           :  ___________________
Alamat                        :  ________________                                     Semester                      :  ___________________
Nama               :  ________________                                     Tahun Pelajaran           :  ___________________
Nomor Induk  :  ________________                                                
Mengetahui:
Orang Tua/Wali                                                                                               Wali Kelas


                                                                                                                                                           




Nama Sekolah :  ________________                                     Kelas                           :  ___________________
Alamat                        :  ________________                                     Semester                      :  ___________________
Nama               :  ________________                                     Tahun Pelajaran           :  ___________________
Nomor Induk  :  ________________
Text Box:   Keputusan
  Berdasarkan hasil yang dicapai pada    
  semester 1 dan 2, siswa  ditetapkan
  naik ke kelas                 (                                  )
  tinggal di kelas             (                                  )

______________, ___________________20__
  Kepala SMP __________________
 
____________________
 NIP
Mengetahui:
Orang Tua/Wali                       Wali Kelas


                                                                                   





Nama Sekolah :  ________________                                     Kelas                           :  ___________________
Alamat                        :  ________________                                     Semester                      :  ___________________
Nama               :  ________________                                     Tahun Pelajaran           :  ___________________
Nomor Induk  :  ________________                                                
Mengetahui:
Orang Tua/Wali                                                                                               Wali Kelas


                                                                                                                                                           




Nama Sekolah :  ________________                                     Kelas                           :  ___________________
Alamat                        :  ________________                                     Semester                      :  ___________________
Nama               :  ________________                                     Tahun Pelajaran           :  ___________________
Nomor Induk  :  ________________
Text Box:   Keputusan
  Berdasarkan hasil yang dicapai pada    
  semester 1 dan 2, siswa  ditetapkan
  naik ke kelas                 (                                  )
  tinggal di kelas             (                                  )

______________, ___________________20__
  Kepala SMP __________________
 
___________________
 NIP
Mengetahui:
Orang Tua/Wali                       Wali Kelas


                                                                                   





Nama Sekolah :  ________________                                     Kelas                           :  ___________________
Alamat                        :  ________________                                     Semester                      :  ___________________
Nama               :  ________________                                     Tahun Pelajaran           :  ___________________
Nomor Induk  :  ________________                                                
Mengetahui:
Orang Tua/Wali                                                                                               Wali Kelas


                                                                                                                                                           




Nama Sekolah :  ________________                                     Kelas                           :  ___________________
Alamat                        :  ________________                                     Semester                      :  ___________________
Nama               :  ________________                                     Tahun Pelajaran           :  ___________________
Nomor Induk  :  ________________
Text Box:   Keputusan
  Berdasarkan kriteria yang berlaku, siswa ditetapkan  Lulus/Tidak Lulus

______________, ___________________20__
  Kepala SMP __________________
 
___________________
 NIP
Mengetahui:
Orang Tua/Wali                       Wali Kelas


                                                                                   






KETERANGAN PINDAH SEKOLAH
NAMA SISWA     : __________________












KETERANGAN PINDAH SEKOLAH
NAMA SISWA     : _________________











Catatan Prestasi yang telah Dicapai

Nama Siswa            : ______________      Nama Sekolah      : _______________
Nomor Induk : ______________










Lampiran: Daftar Standar Kompetensi (SK) Mata Pelajaran

1.        Pendidikan Agama
a.        Agama Islam
Kelas VII
Semester 1
Semester 2
1.        Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
2.        Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya
3.        Memahami Asmaul Husna
4.        Membiasakan perilaku terpuji
5.        Memahami ketentuan – ketentuan thaharah (bersuci)
6.        Memahami tatacara shalat 
7.        Memahami tatacara shalat jamaah dan munfarid (sendiri)
8.        Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW

9.        Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
10.     Meningkatkan keimanan kepada Malaikat
11.     Membiasakan perilaku terpuji
12.     Membiasakan perilaku terpuji
13.     Memahami tatacara shalat jama’ dan qashar
14.     Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW


Kelas VIII
Semester 1
Semester 2
1.        Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra
2.        Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah
3.        Membiasakan perilaku terpuji
4.        Menghindari perilaku tercela
5.        Mengenal tatacara  shalat sunnat
6.        Memahami macam-macam sujud
7.        Memahami tatacara puasa
8.        Memahami zakat
9.        Memahami Sejarah Nabi

10.     Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf
11.     Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah
12.     Membiasakan perilaku terpuji
13.     Menghindari Perilaku tercela
14.     Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan
15.     Memahami sejarah dakwah Islam


Kelas IX
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami Ajaran Al Qur’an surat At-Tin
2.        Memahami Ajaran   Al – Hadits tentang menuntut ilmu
3.        Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
4.        Membiasakan perilaku terpuji
5.        Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan
6.        Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah
7.        Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara

8.        Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah
9.        Memahami Ajaran   Al – Hadits tentang kebersihan
10.     Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadhar
11.     Menghindari perilaku tercela
12.     Memahami tatacara berbagai shalat sunnah
13.     Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara


b.       Agama Kristen

Kelas VII
Semester 1
Semester 2
1.        Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara dan menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan

2.        Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara dan menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan

Kelas VIII
Semester 1
Semester 2
1.        Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan

2.        Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan


Kelas IX
Semester 1
Semester 2
1.        Bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama, gereja  dan masyarakat untuk menunjukkan dirinya  sebagai orang yang sudah diselamatkan

2.        Bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama, gereja  dan masyarakat untuk menunjukkan dirinya  sebagai orang yang sudah diselamatkan`





c.        Agama Katolik
Kelas VII
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami diri sebagai laki-laki atau perempuan yang memiliki rupa-rupa kemampuan dan keterbatasan agar dapat berelasi dengan sesama dan lingkungannya dengan meneladani Yesus Kristus  yang mewartakan Bapa dan  Kerajaan-Nya
2.        Memahami diri sebagai laki-laki atau perempuan yang memiliki rupa-rupa kemampuan dan keterbatasan agar dapat berelasi dengan sesama dan lingkungannya dengan meneladani Yesus kristus yang mewartakan bapa dan Kerajaan-Nya

Kelas VIII
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami pribadi Yesus Kristus dan konsekuensi perjuangan-Nya dalam upaya mengikuti dan mewujudkan nilai-nilai perjuangannya di dalam kehidupan menggereja

2.        Memahami pribadi Yesus Kristus dan konsekuensi perjuangan-Nya dalam upaya mengikuti dan mewujudkan nilai-nilai perjuangan-Nya di dalam kehidupan menggereja


Kelas IX
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami dan melaksanakan nilai-nilai Kerajaan Allah dalam hidup beriman di tengah jemaat dan masyarakat sesuai dengan yang diwartakan Yesus Kristus dalam rangka membangun kehidupan masa depan yang lebih baik.

2.        Memahami  dan melaksanakan nilai-nilai Kerajaan Allah dalam hidup beriman di tengah jemaat dan masyarakat sesuai  yang diwartakan Yesus kristus dalam rangka membangun kehidupan masa depan yang lebih baik

                                
d.       Agama Hindu
Kelas VII
Semester 1
Semester 2
1.        Meyakini kemahakuasaan Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai Asta Aiswarya
2.        Memahami ajaran kepemimpinan Hindu

3.        Memahami Dharma Gita

4.        Memahami hari-hari suci keagamaan Hindu

3.        Memahami Sad Ripu sebagai aspek diri yang harus dihindari

4.        Memahami pengelompokkan tempat suci


Kelas VIII
Semester 1
Semester 2

1.        Meyakini manifestasi Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai penguasa penjuru alam

2.        Memahami hubungan Bhuana Agung dan Bhuana Alit

3.        Memahami  sejarah masuknya  agama Hindu ke Indonesia 

4.        Memahami latar belakang timbulnya Yadnya
5.        Memahami Sad Atatayi sebagai aspek diri yang harus dihindari
6.        Memahami Weda sebagai kitab suci
7.        Memahami keberadaan orang suci


Kelas IX Semester 1
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami Awatara, Dewa dan Bhatara 
2.        Memahami Sapta Timira sebagai aspek diri yang harus dihindari

3.        Mengetahui keberadaan kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia


4.        Memahami Dharma Gita dalam Bhagawad Gita dan Sarasamuscaya
5.        Memahami hakikat Yadnya
6.        Menjelaskan hakikat dan tujuan perayaan hari-hari suci keagamaan


e.        Agama Budha

Kelas VII
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami komponen dan kriteria agama Buddha
2.        Mengungkapkan sejarah Pangeran Siddharta pada masa remaja dan berumah tangga
3.        Mengkonstruksi sikap umat Buddha untuk menjadi manusia susila sesuai Pancadharma
4.        Mengembangkan sifat-sifat luhur dalam kehidupan sehari-hari


Kelas VIII
Semester 1
Semester 2
1.        Mengembangkan sifat-sifat luhur dalam kehidupan sehari-hari
2.        Mengungkapkan sejarah penyiaran agama Buddha

3.        Memahami Dharmayatra dan tempat-tempat suci agama Buddha yang lain
4.        Memahami sejarah penyiaran agama Buddha di Indonesia
Kelas IX
Semester 1
Semester 2
1.        Mengkonstruksi pergaulan yang baik dan sikap umat Buddha dalam berbagai lingkungan
2.        Mengkonstruksi mental umat Buddha agar memiliki kepribadian yang baik, penuh semangat, dan disiplin

3.        Mengembangkan meditasi ketenangan batin (samatha bhavana)
4.        Mengungkapkan peranan agama Buddha untuk meningkatkan martabat manusia



2.        Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas VII
Semester 1
Semester 2
1.        Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
2.        Mendeskripsikan makna Proklamasi Kemerdekaan dan konstitusi pertama

3.        Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakan Hak Azasi Manusia (HAM)
4.        Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat


Kelas VIII
Semester 1
Semester 2
1.        Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
2.        Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia
3.        Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional

4.        Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
5.        Memahami kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan di Indonesia


Kelas IX
Semester 1
Semester 2
1.       Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara
2.       Memahami pelaksanaan otonomi daerah

3.        Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
4.        Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa


3.        Bahasa Indonesia
Kelas VII
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita 
2.        Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
3.        Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca 
4.        Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
5.        Mengapresiasi  dongeng yang  diperdengarkan 
6.        Mengeskpresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
7.        Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan  membaca    
8.        Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui  pantun dan dongeng

9.        Memahami wacana lisan melalui kegiatan wawancara
10.     Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan bertelepon
11.     Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai
12.     Mengungkapkan berbagai informasi   dalam bentuk narasi dan  pesan singkat      
13.     Memahami pembacaan puisi 
14.     Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen
15.     Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak 
16.     Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui  kegiatan  menulis kreatif puisi



Kelas VIII
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami wacana lisan berbentuk laporan         
2.        Mengungkap berbagai informasi melalui wawancara  dan presentasi laporan 
3.        Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat
4.        Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan  petunjuk
5.        Mengapresiasi   pementasan drama
6.        Mengungkapkan pikiran dan  perasaan dengan bermain peran
7.        Memahami  teks drama dan novel remaja
8.        Mengungkapkan  pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis  kreatif naskah drama

9.        Memahami isi berita dari radio/televisi
10.     Mengemukakan pikiran, persaan, dan informasi melalui kegiatan   diskusi dan protokoler    
11.     Memahami ragam wacana tulis dengan  membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca  nyaring
12.     Mengungkapkan informasi dalam bentuk  rangkuman, teks berita, slogan/poster 
13.     Memahami unsur intrinsik novel  remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
14.     Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi
15.     Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi 
16.     Mengungkapkan pikiran, dan perasaan dalam puisi bebas


Kelas IX
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami dialog interaktif  pada tayangan televisi/siaran radio 
2.        Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan  
3.        Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai   
4.        Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris,  resensi, dan karangan
5.        Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair
6.        Mengungkapkan kembali  cerpen dan puisi  dalam bentuk yang lain  
7.        Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen)
8.        Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman  dalam  cerita pendek

9.        Memahami isi  pidato/khotbah/ceramah
10.     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dalam pidato dan diskusi
11.     Memahami ragam wacana tulis dengan  membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca cepat 
12.     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk  karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca
13.     Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis novel
14.     Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan drama  
15.     Memahami novel dari berbagai angkatan
16.     Menulis naskah drama     



4.        Bahasa Inggris
Kelas VII
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
2.        Memahami makna dalam  teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
3.        Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
4.      Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
5.        Memahami  makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
6.        Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional  pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

7.        Memahami makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
8.        Memahami makna   dalam teks lisan fungsional dan  monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
9.        Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan  interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
10.     Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan  procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
11.     Memahami  makna teks tulis fungsional dan  esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure  yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
12.     Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat


Kelas VIII
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.        Memahami   makna   dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  descriptive dan recount  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
3.        Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
4.        Mengungkapkan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
5.        Memahami makna teks tulis fungsional  dan esei pendek sederhana  berbentuk descriptive dan recount  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
6.        Mengungkapkan  makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

7.        Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.        8. Memahami   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
9.        Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
10.     Mengungkapkan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
11.     Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
12.     Mengungkapkan makna  dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar


Kelas IX
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami makna   dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.        Memahami makna dalam     teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
3.        Mengungkapkan  makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.        Mengungkapkan  makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
5.        Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek  sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
6.        Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari


7.        Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan  pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
8.        Memahami makna   dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
9.        Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
10.     Mengungkapkan makna  dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
11.     Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
12.     Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk    narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari



5.        Matematika
Kelas VII
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
2.        Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
3.        Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah


4.        Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
5.        Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya
6.        Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya


Kelas VIII
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
2.        Memahami sistem persa-maan linear dua variabel  dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
3.        Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah


4.        Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya
5.        Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya


Kelas IX
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
2.        Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
3.        Melakukan pengolahan dan penyajian data
4.        Memahami peluang kejadian sederhana


5.        Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah sederhana
6.        Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah


6.        Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas VII
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
2.        Memahami klasifikasi zat
3.        Memahami wujud zat dan perubahannya
4.        Memahami berbagai sifat  dalam perubahan fisika dan kimia

5.        Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
6.        Memahami keanekara-gaman makhluk hidup
7.        Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem

       
Kelas VIII
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
2.        Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
3.        Menjelaskan konsep partikel materi
4.        Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan

5.        Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
6.        Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari


        Kelas IX
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
2.        Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
3.        Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

4.        Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.        Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya


7.        Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas VII
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami lingkungan kehidupan manusia
2.        Memahami kehidupan sosial manusia
3.        Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan

4.       Memahami usaha manusia untuk mengenali  perkembangan lingkungannya
5.       Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Budha sampai masa Kolonial Eropa
6.       Memahami kegiatan ekonomi masyarakat


Kelas VIII
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan  pertumbuhan jumlah penduduk
2.        Memahami proses kebangkitan nasional
3.        Memahami masalah penyimpangan social
4.        Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat

5.        Memahami usaha persiapan kemerdekaan
6.        Memahami pranata dan penyimpangan sosial
7.        Memahami kegiatan perekonomian Indonesia


Kelas IX
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
2.        Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan
3.        Memahami perubahan sosial budaya
4.        Memahami lembaga    keuangan dan perdagangan     internasional

5.        Memahami hubungan manusia dengan bumi
6.        Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia
7.        Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional



8.        Seni Budaya
Kelas VII
Semester 1
Semester 2
Seni Rupa
1.        Mengapresiasi karya seni rupa
2.        Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Seni Musik
3.        Mengapresiasi karya seni musik
4.        Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Seni Tari
5.        Mengapresiasi karya seni tari
6.        Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Seni Teater
7.        Mengapresiasi karya seni teater
8.        Mengekspresikan diri melalui karya seni teater

Seni Rupa
9.        Mengapresiasi karya seni rupa
10.     Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Seni Musik
11.     Mengapresiasi karya seni musik
12.     Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Seni Tari
13.     Mengapresiasi karya seni tari
14.     Mengekspresikan diri melalui karya  seni tari
Seni Teater
15.     Mengapresiasi karya seni teater
16.     Mengekspresikan diri melalui  karya seni teater

Kelas VIII
Semester 1
Semester 2
Seni Rupa
1.      Mengapresiasi  karya seni rupa
2.      Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Seni Musik
3.      Mengapresiasi karya seni musik
4.      Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Seni Tari
5.      Mengapresiasi karya seni tari
6.      Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Seni Teater
7.      Mengapresiasi karya seni teater
8.      Mengekspresikan diri melalui karya seni teater

Seni Rupa
9.      Mengapresiasi  karya seni rupa
10.  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Seni Musik
11.  Mengapresiasi karya seni musik
12.  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Seni Tari
13.  Mengapresiasi karya seni tari
14.  Mengekspresikan diri melalui karya  seni tari
Seni Teater
15.  Mengapresiasi karya seni teater
16.  Mengekspresikan diri melalui karya seni teater


Kelas IX
Semester 1
Semester 2
Seni Rupa
1.       Mengapresiasi karya seni rupa
2.       Mengekspresikan diri melalui  karya seni rupa
Seni Musik
3.       Mengapresiasi karya seni musik
4.       Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Seni Tari
5.       Mengapresiasi karya seni tari
6.       Mengekspresikan diri melalui karya  seni tari
Seni Teater
7.       Mengapresiasi karya seni teater
8.       Mengekspresikan karya seni teater

Seni Rupa
9.       Mengapresiasi karya seni rupa
10.   Mengekspresikan diri melalui  karya seni rupa
Seni Musik
11.   Mengapresiasi karya seni musik
12.   Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Seni Tari
13.   Mengapresiasi karya seni tari
14.   Mengekspresikan diri melalui karya  seni tari
Seni Teater
15.   Mengapresiasi karya seni teater
16.   Mengekspresikan karya seni teater



9.        Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas VII
Semester 1
Semester 2
1.        Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
2.        Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
3.        Mempraktikkan senam dasar dengan teknik  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
4.        Mempraktikkan senam irama tanpa alat , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
5.        Mempraktikkan sebagian teknik dasar renang gaya dada , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
6.        Mempraktikkan perkemahan dan dasar-dasar penyelamatan di lingkungan sekolah , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***)
7.        Menerapkan budaya hidup sehat

8.        Mempraktikkan teknik dasar permainan dan olahraga  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
9.        Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
10.     Mempraktikkan teknik dasar senam lantai  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
11.     Mempraktikkan senam irama tanpa alat  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
12.     Mempraktikkan teknik dasar renang gaya bebas , dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
13.     Menerapkan budaya hidup sehat


Kelas VIII
Semester 1
Semester 2
1.        Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
2.        Mempraktikkan latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkuit  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
3.        Mempraktikkan teknik dasar senam lantai  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
4.        Mempraktikkan senam irama dengan alat  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
5.        Mempraktikkan teknik dasar renang gaya bebas  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
6.        Menerapkan budaya hidup sehat


7.        Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga  dan mlai-nilai yang terkandung di dalamnya
8.        Mempraktikkan latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkuit  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
9.        Mempraktikkan teknik dasar senam lantai  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
10.     Mempraktikkan senam irama dengan alat  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
11.     Mempraktikkan teknik dasar renang gaya dada  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
12.     Mempraktikkan penjelajahan di sekitar sekolah  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***)
13.     Menerapkan budaya hidup sehat



Kelas IX
Semester 1
Semester 2
1.        Mempraktikkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga  serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
2.        Mempraktikkan jenis latihan beban dengan alat sederhana untuk meningkatkan kebugaran  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
3.        Mempraktikkan rangkaian gerak senam lantai dengan gerakan yang benar  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
4.        Mempraktikkan rangkaian gerak teknik senam irama tanpa dan dengan alat  serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
5.        Mempraktikkan teknik dasar renang gaya punggung  dan nilai- nilai yang terkandung di dalamnya*)
6.        Mempraktikkan dasar-dasar penjelajahan di alam bebas  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***)
7.        Menerapkan budaya hidup sehat

8.        Mengembangkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga  serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
9.        Mempraktikkan tes kebugaran jasmani secara sederhana 
10.     Mempraktikkan rangkaian gerak senam   dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
11.     Mempraktikkan senam irama   dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
12.     Mempraktikkan kecakapan teknik dasar gaya renang  dan nilaii- nilai yang terkandung di dalamnya*)
13.     Mempraktikkan keterampilan dasar penjelajahan, dan penyelamatan aktivitas di alam bebas  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
14.     Menerapkan budaya hidup sehat


Keterangan
*) Diajarkan sebagai kegiatan pilihan, disesuaikan dengan situasi dan kondisi  sekolah
**) Materi pilihan, disesuaikan dengan fasilitas dan peralatan yang tersedia
***) Diajarkan sebagai kegiatan yang dapat dilakukan dalam semester 1 dan atau   semester 2

10.     Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi
a. Keterampilan
    Kelas VII
Semester 1
Semester 2
Kerajinan
1.        Mengapresiasi benda kerajinan
2.        Membuat benda kerajinan  
Teknologi Rekayasa
3.        Mengapresiasi karya teknologi rekayasa
4.        Menciptakan karya teknologi rekayasa
Teknologi Budidaya
5.        Mengapresiasi karya teknologi budidaya
6.        Menerapkan teknologi budidaya
Teknologi Pengolahan
7.        Mengapresiasi karya teknologi pengolahan
8.        Menerapkan teknologi karya pengolahan 
Kelas VII Semester 2
Kerajinan
9.        Mengapresiasi benda kerajinan
10.     Membuat benda kerajinan
Teknologi Rekayasa
11.     Mengapresiasi benda karya teknologi rekayasa
12.     Menciptakan  benda karya teknologi rekayasa
Teknologi Budidaya
13.     Mengapresiasi karya teknologi budidaya
14.     Menerapkan teknologi budidaya
Teknologi Pengolahan
15.     Mengapresiasi karya teknologi pengolahan
16.     Menerapkan teknologi pengolahan

17.     Mengembangkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga  serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
18.     Mempraktikkan tes kebugaran jasmani secara sederhana 
19.     Mempraktikkan rangkaian gerak senam   dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
20.     Mempraktikkan senam irama   dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
21.     Mempraktikkan kecakapan teknik dasar gaya renang  dan nilaii- nilai yang terkandung di dalamnya*)
22.     Mempraktikkan keterampilan dasar penjelajahan, dan penyelamatan aktivitas di alam bebas  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
23.     Menerapkan budaya hidup sehat



    Kelas VIII
Semester 1
Semester 2
Kerajinan
1.        Mengapresiasi kerajinan jahit dan sulam
2.        Membuat produk kerajinan jahit dan sulam
Teknologi Rekayasa
3.        Mengapresiasi karya teknologi rekayasa penjernihan air
4.        Menerapkan teknologi rekayasa penjernihan air
Teknologi Budidaya
5.        Mengapresiasi hasil teknologi budidaya
6.        Menerapkan teknologi budidaya

Teknologi Pengolahan
7.        Mengapresiasi karya teknologi pengolahan
8.        Menerapkan teknologi pengolahan

Kerajinan
9.        Mengapresiasi kerajinan anyaman  dan makrame
10.     Membuat produk kerajinan anyaman dan makrame
Teknologi Rekayasa
11.     Mengapresiasi karya teknologi rekayasa
12.     Membuat alat penjernihan air
Teknologi Budidaya
13.     Mengapresiasi karya teknologi budidaya tanaman hias
14.     Menerapkan teknologi budidaya tanaman hias

Teknologi Pengolahan
15.     Mengapresiasi karya teknologi pengolahan pengawetan bahan makanan
16.     Menerapkan teknologi pengolahan pengawetan bahan makanan



Kelas IX
Semester 1
Semester 2
Kerajinan
1.          Mengapresiasi benda kerajinan dengan teknik potong sambung dan teknik potong konstruksi
2.          Membuat benda kerajinan  dengan teknik potong sambung dan teknik potong konstruksi
Teknologi Rekayasa
3.          Mengapresiasi benda teknologi rekayasa
4.          Membuat benda teknologi rekayasa
Tekonologi Budidaya
5.          Mengapresiasi karya budidaya ikan air tawar
6.          Menerapkan teknologi budidaya  ikan air tawar
Teknologi Pengolahan
7.          Mengapresiasi karya teknologi pengolahan
8.          Menerapkan teknologi pengolahan 

Kerajinan
9.      Mengapresiasi kerajinan dengan teknik sayat dan ukir
10.   Membuat benda kerajinan  dengan teknik sayat dan ukir
Teknologi Rekayasa
11.   Mengapresiasi alat yang berputar digerakkan listrik
12.   Membuat alat yang berputar digerakkan listrik
Teknologi Budidaya
13.   Mengapresiasi karya teknologi budidaya ikan hias air tawar
14.   Menerapkan teknologi budidaya ikan hias air tawar 
Teknologi Pengolahan
15.   Mengapresiasi hasil teknologi pengolahan
16.   Menerapkan teknologi pengolahan 



b. Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas VII
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami penggunaan  teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
2.        Mengenal operasi dasar peralatan komputer

3.        Mempraktikkan keterampilan dasar komputer 


Kelas VIII
Semester 1
Semester 2
1.        Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi

2.        Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi


Kelas IX
Semester 1
Semester 2
1.        Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/intranet

2.        Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi



11.     Muatan Lokal

Mohon diisi sesuai dengan Standar Kompetensi yang sudah ditetapkan oleh sekolah.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar